Office Management Service (OMS)


Office Management Service (OMS)

Office Management Services adalah layanan pengelolaan berbagai fasilitas gedung yang dilakukan oleh tenaga yang ahli dibidangnya. Layanan ini tidak hanya terbatas pada perkantoran, namun juga termasuk pusat perbelanjaan, bank, rumah sakit, apartemen hingga perhotelan dan lainnya.


Administrasi Perkantoran (Staff)


  1. Pengalihan Pekerjaan Adminstrasi di Kantor Pusat menjadi kebutuhan karena secara umum Struktur Divisi/Departemen di Kantor Pusat dominan pada level Spesialis, dimana sudah mulai banyak terlibat dalam Analisa dan Pengambilan Keputusan, sehingga perlu support data dan informasi baik administrasi maupun kebijakan yang pekerjaan entry dan update-nya dijalankan oleh Staf (Outsourcing)
  2. Pada Kantor Cabang, fungsi Staf Administrasi (Outsourcing) pada Bagian Pemasaran misalnya, sangat dibutuhkan dan critical mengingat sebagian besar Staf Pemasaran Cabang (Organik) lebih banyak berada Bersama klien dan prospect. Data-data yang di-input Staf menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan di operasional cabang.
  3. Kedua fungsi diatas juga bertanggungjawab terhadap filing dan dokumentasi baik di Divisi maupun di Cabang.
Office Management Service (OMS)

Sekretaris Divisi & Cabang


  1. Dasar rujukan ada dalam Ruang Lingkup Pekerjaan Penunjang pada Kegiatan Pendukung Usaha untuk Sekretaris Perusahaan (SK AAUI No 17 tahun 2013).
  2. Fungsi Sekretaris masih dibutuhkan untuk Alih Daya karena sebagaimana lazimnya pada perusahaan lain peran dan tugas jabatan ini bersifat penunjang, dari mulai korespondensi, scheduling, incoming/outgoing call, reservation, stationery (ATK) sampai dengan filing dokumen Divisi/Cabang.
  3. Loading pekerjaan sangat tergantung kepada karakter di setiap Divisi dan Pimpinan Cabang.
Office Management Service (OMS)

Operator


  1. Adalah petugas / karyawan yang bertugas menjaga, melayani, dan menjalankan suatu peralatan, mesin, telepon, radio, dan sebagainya.
  2. Operator adalah jenis pekerjaan yang bersifat fungsional di dalam suatu industry/perusahaan.
  3. Tugas utama dari operator lapangan adalah menjalankan suatu operasi.
  4. Ruang lingkup dalam Pekerjaan di kontrak Pengalihan Kerja sebelumnya meliputi Operator Mekanik/Elektrik, Operator Telepon, Operator Gondola dan Operator Mobil Derek.
Office Management Service (OMS)

Resepsionis


  1. Secara umum Resepsionis adalah karyawan/orang yang bertugas menerima tamu baik di suatu perusahaan, dalam bisnis perhotelan, maupun dalam sebuah kantor.
  2. Resepsionis biasanya ditempatkan dibagian depan kantor, ini bertujuan agar tamu yang datang dapat mengetahui cara yang mudah untuk mencari informasi dan juga sebagai gambaran dari suatu perusahaan.
  3. Pada Alur Kegiatan Asuransi Umum, Resepsionis adalah salahsatu pekerjaan penunjang pada kegiatan pendukung usaha pada sebuah kantor/cabang asuransi umum.
Office Management Service (OMS)

SATPAM, Pengemudi dan Kurir


  1. SATPAM merupakan satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. Dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan pada Peraturan Kapolri No.Pol. 24 tahun 2007 tentang Sistem Pengamanan Manajemen Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah.
  2. Pengemudi atau Sopir adalah orang yang bertugas mengendarai kendaraan roda 4 (mobil) milik perusahaan, yang disewa perusahaan maupun kendaraan pribadi pejabat perusahaan.
  3. Kurir/Messenger adalah petugas operasional perusahaan yang mejalankan tugas dan aktivitas pengiriman, pengantaran dan pengambilan dokumen (polis, bukti bank, dokumen dan barang lain) yang dilakukan secara langsung, biasanya mengendarai kendaraan roda 2 (sepeda motor).
Office Management Service (OMS)

PELAYANAN & KEBERSIHAN


  1. Petugas Pelayanan (Office Boy/Girl) melakukan pekerjaan melayani kebutuhan karyawan seperti menyediaan minuman, mengambil dan membereskan peralatan makan/minum karyawan dan tamu, menyiapkan keperluan rapat, membersihkan dan merapikan meja, kursi kerja dan perlengkapan kerja lainnya.
  2. Petugas Jasa Kebersihan (Cleaning Service) melakukan pekerjaan membersihkan ruangan baik didalam ataupun diluar kantor / tempat kerja, area lobby, lorong, ruang rapat dan taman, membersihkan dan mengonrol toilet kantor serta memastikan kebersihan dan kerapian eksterior, interior dan langit-langit ruangan
Office Management Service (OMS)